Selasa, 06 Desember 2011

Resume Tugas PIK - Seminar

TUGAS PENGANTAR ILMU KOMPUTASI

MATA KULIAH
PENGANTAR ILMU KOMPUTASI IK1713
DOSEN : Fitriyani, S.Si, MT.

Resume Seminar
PERANAN DAN PELUANG ILMU KOMPUTASI DALAM ERA KONVERGENSI




Disusun Oleh :
Abdulloh Azzam

PROGRAM SARJANA SATU
SEMESTER SATU ILMU KOMPUTASI
INTITUT TEKNOLOGI TELKOM BANDUNG
2011

Pembicara Pertama : Dr. Eng. Wisnu Jatmiko.

Berikut ini adalah hasil resume yang dapat saya tangkap dari seminar pada hari minggu, 4 Desember 2011 adalah sebagai berikut :
Dimulai dengan pembicara pertama oleh Dr.Eng.Wisnu Jatmiko beliau mengambil gelar doktornya di Jepang dengan basic robotiknya dan beliau termasuk mahasiswa yang panadai. Beliau menceritakan tentang perjuangan hidupnya untuk mencapai keberhasilannya itu di mulai dari kampus Universitas Indonesia beliau sudah bergelut dengan komputer semenjak S1-nya dan S2-nya di dalam negeri sampai dapat menjadikan laboratorium hidup di UI sebagai laboratorium produktif yang buka 24 jam 7 hari. Dengan beberapa robot yang beliau kembangkan disana dan dari penjualan robot tersebut maka ia mendapatkan ya penghasilan yang cukup untuk kehidupannya sehari-hari disana dan sampai berhasil S3-nya di luar negeri.  
Beliau juga banyak menceritakan pengalamannya yang dialaminya sampai berhasil seperti sekarang ini. Seperti halnya beliau buat simulasi lampu merah di Jakarta untuk menghindari kemacetan yang panjang. Tapi menurut beliau sendiri ini tidak akan bisa diselesaikan oleh satu pihak saja, maksudnya kita harus bekerja sama dengan beberapa pihak yang terkait dengan penyebab kemacetan tersebut bisa kita ambil contoh penjualan modil yang terus meningkat dan tanpa di imbangi perluasan jalan yang ada di Jakarta sehingga menjadi salah satu penyebab kemacetan di jakarta juga, di sampinng itu masih ada beberapa komponen yang harus diselesaikan selain penjualan jumlah kendaraan yang tidak terbatas di negeri ini. Maka setelah kita dapat bekerjasama dengan berbagai pihak yang terkait dengan hal itu, maka akan lebih mudah sebuah masalah itu akan kita selesaikan. Sehingga beberaa masalah yang lainnya pun dapat diselesaikan dengan metode komputasi dengan memodelkan dan membuat simulainya secara optimum.
Karena Komputasi adalah Ilmu yang bersandar pada segala bidang. sehingga dengan komputasi kita dapat menyelesaikan berbagai masalah dengan membuat permodelan dan simulasinya. Seperti permasalahan-permasalahan sebagai berikut : mengatasi kebakaran dihutan, transportasi kota, menghindari dari kemacetan, menghindari dari banjir, dan berbagai permasalahan lainnya unutk kita selesaikan dengan pemodelan dan membuat simulasinya.
Dimulai dari pengkajian problem dunia real kemudian menyelesaikan problem matematikanya, setelah itu di asumsikan antara permasalahan dunia real dengan bentuk matematikanya, maka setelah itu kita akan dapat formulasi persamaan dan peridaksamaannya lalu kita dapat menyelesaikannya sehingga kita dapat temukan interferensi solusinya untuk di bandingkan dengan asumsi yang telah kita buat sebelumnya agar menghasilkan solusi dunia realnya. Sekilas penjelsan dari pemodelan itu sendiri.
Maka dengan demikian atas dasar itu selayaknya kita dapat menjaga eksistensi Ilmu Komputasi ini. Agar semua masalah yang ada bisa di selesaikan dengan optimum.
Pembicara kedua : Hardika Nugroho

            Beliau mengambil judul dengan “TELKOMSEL CLOUD COMPUTING”.
Cloud itu adalah High Performance Computing, yang menghubungkan antara komputer yang satu dengan komputer yang lain dengan menggunakan internet. Sebagai contoh misalkan dalam men-Searching (mencari kata yang ada pada pada mesin pencarian tersebut untuk mengetahui sampai seberapa banyak orang yang melakukan pencarian dalam kata tersebut) sebagai contoh, misalakan Cloud mencapai sebanyak 922juta, sedangkan Obama sebanyak 675juta, SBY sebanyak 63,4juta dan lain sebagainya. Perusahaan yang sukses adalah perusahaan bisa mengsingkronisasikan/memadukan antara perusahaan yang yang satu dengan yang lain, petunjuk yang diberikan atau pelayanan yang dihasilkan oleh para pakar IT yang berfungsi untuk mengatur para pengusaha dan para pelanggannya. Dan perusahaaan tersebut yang mempunyai 3 landasan, yaitu yang pertama Strategic adalah Strategi yang dimiliki oleh perusaan dalam memajukan usahanya, yang kedua Economic adalah adalah alokasi atau sistem management yang ada pada perusahaan tersebut yang berguna untuk mengatur keuangannya terutama pada keuntungan yang akan dicapai oleh para pengusahaan, dan yang ketiga Technological adalah sangat berterima kasih kepada para pakar IT yang sudah berupaya untuk memajukan usaha yang dilakukan untuk lebih memudahkan lagi dalam penggunaan internet maupun dalam penggunaan apapun yang dibutuhkan oleh para pelanggan setia yang selalu memakai jasa yang dihasilkan.
Berikut adalah penjelasan singkat yang dijelaskan pada waktu seminar kemaren seputar BTS oleh pak Hardika Nugroho. kepada para pengguna pelanggan yang menggunkan handphone, biasanya memakai BTS yang sudah sengaja dibuat untuk mempermudah dalam hubungan antara yang satu dengan yang lainnya yang biasa kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari semisalnya adalah dalam melakukan SMS dan telephone. Dan berikut adalah proses cara agar kita hubungan tersebut, yang pertama adalah dari handphone si A maka dia harus di hubungkan ke BTS yang berfungsi untuk menghubungkan antara BTS ke BSC atau sebaliknya trus berikunya dari BTS ke BSC ke TRAU (Transcoder) yang fungsinya untuk mengubah dari Modulator ke Demodulator atau sebaliknya tru dsri TRAU ke MSC yang berfungsi untuk mmengatur semua proses yang ada dari BTS/BSC/TRAU dan dari MSC ke BSC ke BTS dan ke mobile station atau yang biasa kita menyebutnya dengan sebutan handphone dan begitu seterusnya dilakukan dengan cara berulang-ulang yang biasa kita melakukannya dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar